KEGIATAN DESA TAMBAKREJO





Kamis, 10 September 2015

PEMBAGIAN DUSUN DESA TAMBAKREJO KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR

Desa Tambakrejo Kabupaten Pacitan Jawa Timur merupakan Desa yang memiliki wilayah yang luas dan berbukit-bukit. Dalam pembagian sistem kerja dibentuk Dusun untuk mudah memetakkan administrasi dan pelayanan publik. Jumlah Dusun yang ada di Desa Tambakrejo Kabupaten Pacitan berjumlah 4, antara lain :
1. Dusun Klisat
Dusun Klisat merupakan Dusun yang letaknya berada di perbatasan Kecamatan Arjosari tepatnya Desa Gunungsari, dan merupakan Pusat Pemerintahan Desa Tambakrejo. Mayoritas masyarakat bercocok tanam karena terbentang hamparan kebun dan sawah yang begitu luas. Untuk memudahkan akses ke seberang sungai dibangunlah jembatan yang menghubungkan Jl Ponorogo. Dusun Klisat juga dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Dukuh Sawahan yang terletak diantara batas Dukuh Tempel dan Dusun Tamba'an. Dukuh Sawahan merupakan Dukuh yang sangat komplit, mulai dari persawahan, kuliner, bengkel motor, perukangan alat tajam, warung, industri rumah tangga, sayur mayur, toko meubel elektronik, pembayaran online, counter pulsa, bidan, bimbel, dan perikanan. Dari segi Pendidikan didirikan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) AL-IKHLAS Di samping Masjid Al-Ikhlas. Tujuannya membangun akhlak dan menjadikan anak-anak mengamalkan nilai-nilai Agama Islam. Dukuh Weru merupakan Dusun yang sangat alami karena letaknya di puncak Pegunungan yang berbatasan dengan Kecamatan Kebonagung. Mata pencaharian warga sekitar adalah berkebun dan bertani. Untuk menuju ke Dusun Weru harus ditempuh dengan jalan kaki dari Desa Tambkarejo. Medan yang cukup ekstrem dihimbau untuk selalu fokus dan hati-hati, kalau musim hujan kebanyakan warga tidak berani jalan itu melainkan lewat Desa Ketepung dan turun di Desa Mentoro.Untuk Pendidikan warga sekitar memilih SDN Ketepung untuk anak-anaknya dengan alasan lebih dekat dan aman.

2. Dusun Tamba'an
Dusun Tamba'an adalah Dusun yang letaknya dekat dengan Dusun Klisat. Dusun ini dikenal dengan nilai kereligiusan yang sangat kental atau dengan sebutan Dusunnya Orang Santri. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya Madrasah yang menaungi semua anak-anak di Desa Tambakrejo. Selain itu juga dengan adanya Masjid yang besar, Seni Hadroh, dan tokoh Agama. Tak hanya itu Dusun Klisat juga dikenal  Pusat Toko Kelontong yang sanggup mencukupi pangsa pasar Desa Tambakrejo dan sekitarnya. SDN Tambakrejo 1 yang merupakan Sekolah saya dulu juga menduduki di tanah Dusun Tamba'an. Mata pencaharian masyarakat dengan berkebun dan berjualan.

3. Dusun Kwaron
Dusun Kwaron merupakan Dusun yang terletak disebelah  Barat Sungai (Kulon Kali) yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Arjosari (Utara) dan Desa Bolosingo (Selatan). Dikenal sebagai Dusun sentra Batu Akik, Batu kali, Industri Roti, Bengkel motor, dan Pasir kali. Untuk menunjang kebutuhan pendidikan warga sekitar dibangun SDN Tambakrejo 2 yang sangat unik. Uniknya dibangun diantara batu yang besar dan dibuat berundak-undak menggambarkan suasana yang elok dan asri sehingga murid-murid dan Bapak/Ibu Guru merasa nyaman dan tidak terganggu bisingnya kendaraan di Jl Pacitan-Ponorogo.


Sekian Info dari HARIMEDIA INDONESIA 
Sampai berjumpa dilain kesempatan.

1 komentar: